Engineering Ship

Engineering Ship
TECHNOLOGY MARINE ENGINEER

Sabtu, 14 Mei 2011

DINAS JAGA Pasca Prala ATTIII

DINAS JAGA


1. Bagaimana cara mempersiapkan mesin kapal, apabila kapal akan olah gerak meninggalkan pelabuhan didaerah dingin.

Jawab :

Cara mengeperasikan mesin kapal pada saat berolah gerak didaerah dingin adalah;

a. Pastikan bahwa tekanan minayak pelumas pada cuaca dingin, tekanan harus sedikit lebih tinggi selama 30 menit setelah menjalan.

b. Air pendingin harus dikurangi.

c. Pastikan bahwa semua bagian-bagian mesin berjalan lancar

d. Pastikan bahwa kemiringan dan getaran oleh kerja mesin konstan dan rendah.

e. Periksa kondisi pembuangan dengan alat penguji atau katup indicator

f. Pastikan bahwa asap pembuangan hampir tak berwarna dan suhu disetiap silinder sama

g. Pastikan bahwa silinder didinginkan seragam

h. Periksa kondisi kerja katup penyemprotan bahan bakar

i. Setelah memastikan bahwa mesin berjalan lancar mesin beransur-ansur dibebani dan perlu pengawasan khusus

j. Penyimpan udara start harus diisi udara dimampatkan sebelum menyalakan mesin.


2. Untuk pencegahan lingkungan dalam pencemaran, maka sebagai seorang dines jaga, bagaimana menjalankan hal tersebut.

Jawab :

Cara menjalankan pencegahan pencemaran lingkungan adalah :

a. Mencegah terjadinya tum-pahan minyak

b. Mencegah kebocoran-kebocoran pada pipa

c. Mencegah penumpukan alat-alat yg tidak diperlukan

d. Mencegah pembuangan sampah plastik kelaut.


3. sebutkan urutan - urutan didalam melaksanakan tugas jaga yang benar di mesin ?

Jawab :

Melaksanakan tugas jaga mesin :

1. Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa pengaturan tugas jaga yang telah ditetapkan tetap dipertahankan.

2. Harus terus bertanggung jawab atas pengeporasian kamar mesin meskipun ada KKM. Dan hal ini harus saling dimengerti oleh kedua belah pihak.

3. Semua anggota tugas jaga mesin harus mengenal tugas masing-masing.

4. dn lain-lain.


4. sebutkan urutan – urutan melaksanakan tugas jaga mesin didalam kondisi dan daerah yang berbeda, untuk :

- Jarak tampak batas.

- Perairan dekat pantai/perairan yang padat lalu lintas.

- Kapal berlabuh jangkar.

Jawab :

- Jarak tampak terbatas :

Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa tekanan udara permanen atau tekanan uap selalu tersedia untuk keperluan semboyan bunyi, dan bahwa perinta-perintah yang dating dari anjungan yang berkaitan dengan perubahan kecepatan mesin selalu dilaksanakan secepatnya. Selain itu juga, motor Bantu yang digunakan untuk olah gerak selalu siap.

- Perairan dekat pantai / perairan yang padat lalu lintas :

Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa seluruh permesinan yang terlibat dalam pelaksanaan olah gerak dapat secepatnya dipindahkan kepengoperasian manual jika diberi tahu bahwa kapal berada dipelabuhan padat lalu lintas. Dan harus menjamin bahwa cadangan tenga yang cukup telah siap untuk keperluan olah gerak atau keperluan kemudi. Kemudi darurat dan peralatan Bantu lain harus siap untuk pegoperasian mendadak.

- Kapal berlabu jangkar :


Jika kapal berlabuh jangkar diperairan terbuka, perwira jaga mesin harus menjamin bahwa :

a. Suatu tugas jaga mesin yang efesien selalu dilaksanakan.

b. Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin penggerak dan mesin cadangan.

c. Mesin induk dan motor Bantu dijaga tetapi siap siaga sesuai dengan perintah dari anjungan.

d. Langkah-langkah untuk mencegah pencemaran laut oleh kapal terus dilakukan, dan bahwa peraturan pencegahan pencemaran selalu di -patuhi.

e. Semua sistem pengen-dalian kebakaran dan pemadaman selalu siap.

5. Sebutkan urutan - urutan me-ngambil alih tugas jaga mesin ?

Jawab :

Urutan-urutan mengambil alih tugas jaga mesin ialah Perwira pengganti harus diberitahu oleh perwira yang diganti tentang :

a. Perwira-perwira harian

b. Sifat-sifat semua pekerjaan pada mesin dan system diatas kapal.

c. Mengetahui cara-cara peng-gunaan atau pembuangan isi tangki-tangki, seperti tanki ballast, tanki kotoran dan lain-lain.

d. Setiap situasi yang penting untuk keselamatan kapal, awak kapal, muatan, dan pencegahan pencemaran.

e. Dan lain-lain.

DTPK – DES- 2002

DINES JAGA


1. Apa yang harus dilakukan pada saat dines jaga, berikan beberapa prosedur dan aturan pada saat melakukan dines jaga ?

Jawab :

Yang harus dilakukan saat dines jaga ialah :

- Melakukn pengawasan terhadap jalannya permesinan.

- Melakukan suatu tindakan bila dalam pengawasan tersebut ditemukan suatu harga/nilai kondisi yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Beberapa prosedur dan aturan pada saat melakukan dines jaga :

- Peraturan dines jaga

- Pembagian tugas jaga

- Prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan tugas jaga mesin.

- Syarat-syarat penggantian tugas jaga

- Melaksanakan tugas jaga mesin.

2. Apa yang dimaksud dengan peraturan dines jaga, dan sebutkan beberapa contoh bagian-bagian dari dines jaga ?

Jawab :

Peraturan dines jaga ialah : suatu peraturan yang sudah ditetapkan diatas kapal baik di deck maupun di mesin yang harus dipatuhi oleh semua crew diatas kapal.

Contoh bagian-bagian dines jaga :

- Jaga laut

- Jaga pelabuhan/jaga khusus

- Jaga darurat/jaga emergency

3. Sebutkn bagian-bagian apa saja yang perlu diperhatikan pada saat dines jaga !

Jawab :

Bagian-bagian yang perlu diperhatikan pada saat dines jaga :

- Memeriksa temperatur pada saat pesawat sedang beroperasi.

- Tekanan tekanan pada mesin yang sedang beroperasi.

4. Berikan beberapa contoh fungsi dari dines jaga !

Jawab :

Fungsi dari dines jaga :

- Untuk mengetahui kondisi atau keadaan pada suatu pesawat yang beroperasi baik di deck maupun di mesin.

- Untuk mengantisifasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

5. Apabila sedang dines jaga pelabuhan didaerah dingin dan kapal akan berangkat. Bagaimana cara mempersiapkan mesin kapal untuk olah gerak ?

Jawab :

- Pertama-tama yang perlu diperhatikan : mencek botol angin/tekanannya paling minimum 25 kg.

- Mencek mesin kemudi harus dalam keadaan normal, temperature LO (lub oil).

- Air pendingin, karena menggunakan oli mesin SAE 50/20 W/Oil ini dapat digunakan segala macam mesin.

- Mesin sekoci penolong menggunakan bahan bakar dengan titik nyala 43 ºC atau 110ºF.

- Menggunakan HSD/bahan bakar ringan yang mudah terbakar.

- Jika menggunakan minyak MDO 1 jam sebelum olah gerak bahan bakar harus dipanaskan terlebih dahulu dengan menggunakan heater.

DTPK 05-2003





DINES JAGA

1. Kapal mau Bungker, Anda selaku P.J.M.K tindakan apa saja yang harus dilakukan.

Jawab :

Selaku P.J.M.K tindakan yg harus dilakukan pada saat akan mau bunker adalah :

- OOW di beritahu

- Mengibarkan bendera B / memperlihatkan lampu merah

- Menyumbat lubang kemarau.

- Memasang rambu - rambu dilarang merokok

- Menyiapkan bahan-bahan pembersih dan pelarut

- Periksa slang sambungan

- Kemunikasi kepada kapal bunker

- Buka katup-katup tangki yg mau diisi.

- Lakukan pengisian tanki-tanki.

- Setelah tanki - tanki penuh maka tutup semua katup-katup pengisian.

2. Sebutkan apa yang harus diisi di buku harian mesin ( Log Book ).

Jawab :

Yang harus diisi pada buku harian mesin adalah :

a. Temperatur-temperatur permesinan dan tekanan-tekanan.

b. Laporan main tenance

c. Pemakaian bahan bakar

d. Pemakaian minyak lumas

e. Slip proprller

3. Sebutkan tugas-tugas perwira jaga mesin kapal selama anda bertugas jaga kamar mesin sewaktu kapal sedang berlayar.

Jawab :

Tugas-tugas perwira jaga mesin sewaktu kapal sedang berlayar adalah :

a. Perwira tugas jaga mesin harus harus menjamin bahwa pengaturan tugas jaga yg telah ditetapkan diper-tahankan.

b. Bertanggung jawab atas pengoperasian kamar mesin meskipun ada KKM.

c. Setiap mesin yg tidak berfungsi dgn baik, yg diperkirakan akan tidak berfungsi atau memerlukan service khusus.

d. Harus selalu siap untuk mengoperasikan peralatan dikamar mesin untuk dapat segerah melakukan peru-bahan haluan dan kecepatan.

e. Setiap perintah dari anjungan harus segerah dilaksanakan.

f. Dll.


4. Sebutkan tugas dan tanggung jawab :

a. Chief Engineer……….

b. 1st Engineer…………..

c. 2nd Engineer………….

d. 3rd Engineer………….

Jawab :

a. Chief Engineer

Tugasnya : mengatur semua crew dan perwira mesin. Tanggung jawabnya : atas semua peralatan yang ada dikamar mesin dan semua crew di engine departemen.

b. 1st Engineer

Tugasnya : mengepalai crew /perwira mesin dan bertanggung jawab terhadap mesin induk.

c. 2nd Engineer

Bertugas untuk mengatur oiler dan bertanggung jawab terhadap permesinan Bantu.

d. 3rd Engineer

Bertugas untuk mengatur oilr dan mandor mesin dan bertnggung jawab terhadap semua pompa-pompa yg ada siatas kapal termasuk winck


dan mesin jangkar dan kompressor.


5. Jelaskan apa yang harus disiapkan oleh perwira jaga mesin (MASINIS JAGA ) setelah menerima order (perintah) O.H.N.

Jawab :

Persiapan yg harus dilakukan setelah ONH adalah :

a. Menyiapkan electric power untuk manouver yaitu menjalankan generator untuk


b. menambah power jika diperlukan.

c. Menjalankan pompa oil standby (saat manouver)

d. Mengisi botol angin sampai pada tekanan masimum.

e. Persiapkan buku manouver.


f. Membuka kran udara kemesin induk.

g. Mengadakan test telegraph dengan anjungan.


h. Mengsingkronkan jam kamar mesin dan anjungan


i. Membuka angin suling ke anjungan.

j. Memberi power pada panel winch mooring dan wind last

.

DTPK – 01-2004 DAN 03-04


DINES JAGA

1. Bila saudara sedang dines jaga laut, Saudara mendengar ada yang tak beres di Mesin Induk. Apa yang saudara laksanakan ?

Jawab :

Menginformasikan kepada KKM, dan langsung mengecek satu persatu bagian mana yang ada bunyi lain dan menganalisa apa penyebab bunyi tersebut dan dari mana berasal bunyi tersebut, dan apabila akan berakibat patal maka mesin dihentikan atau distop baru dilakukan perbaikan atau repair.


2. Pada saat saudara bertugas jaga, salah satu lampu acang dipapan penghubung induk mati. Apakah penyebab lampu tersebut mati dan langkah selanjutnya yang saudara lakukan ?

Jawab :

Mengecek dan menganalisa apa penyebab lampu tersebut mati, apabila bolamnya mati atau tidaknya bolan tersebut tidak putus, langsung kita cek darimana lampu tersebut diberikan sikyal apakah oil pressure atau pemantau lain. Terus kita cek benda yang memberikan sinyal dan langsung mengambil tindakan dan membuat program kerja.


3. Kapal saudara berada di Eropa (Bremen) instalasi penggerak utamanya adalah turbin uap.langkah-langkah apa yang harus saudara lakukan untuk menyiapkan mesi penggerak utama tersebut, saat hendak bertolak (berolah gerak) jelaskan.

Jawab :

Langkah-langkah yg harus dilakukan untuk menyiapkan mesin penggerak utam untuk berolah gerak dengan menggunakan turbin uap adalah ;

a. Putar turbin motor dgn turning gear sambil STBY L.O pump on ± 10 menit.

b. Tuning gear off

c. Blow down steam dalam pipa-pipa uap supaya turbin panas

d. Main steam v/v dan manouver v/v dibuka sedikit

e. Main sirculating pump dari steam kondensor on

f. Main condensate pump on secara putaran bertahap untuk pemanasan turbin.

g. Injecktor on agar kondensor pakum a head dan astern manovering v/v dibuka sedikit untuk kelancaran dan tutup kembali.

h. L.O pump on untuk sirkulasi pelumasan keseluruh system.

i. Periksa kelancaran main stop v/v dari boiler dan kelancaran throttling v/v kesistem bila berfungsi baik tutup kembali.

j. Nikan pakum kompressor

k. Periksa fungsi safety thefices turbin.

l. Turbin strart ready.


4. Dalam serah terima jaga laut selamah pelayaran, hal-hal apa yang wajip disampaikan kepada pengganti? Jelaskan pendapat saudara sesuai peraturan yang berlaku!

Jawab :

Serah terima jaga laut selamah pelayaran, hal-hal yang wajip disampaikan kepada pengganti adalah :

a. Permesinan yg sedang beroperasi.

b. Permesinan/peralatan yg sedang diperbaiki atau tidak berfungsi.

c. Perubahan jenis pengoperasian (otomatis menjadi manual atau sebaliknya).

d. Kelainan yg teramati.

e. Jumlah bahan bakar dan minyak lumas yg terpakai dan sisanya.

f. Kondisi buangan air got, limbah lain yg perlu ditangani.


5. Tugas jaga di kapal ada 2 (dua) tugas, yaitu selama pelayaran dan selama dipelabuhan. Hal- hal apa saja yang saudara lakukan berkaitan dengan pencegahan pencemaran di laut dalam 2(dua) tugas yang dimaksut

Jawab :

Hal-hal yg harus dilakukan dengn pencegahan pencemaran dilaut adalah :

a. tumpahan minyak

b. kebocoran-kebocoran pada pipa

c. penumpukan alat-alat yg tidak diperlukan

d. pembuangan sampah plastik kelaut

DTPK 12-03

DINAS JAGA

1. Dalam section A-VI paragrap 1 mengharuskan semua orang untuk melakukan latihan / pamiliarisasi mengenal latihan teknik penyelamatan diri. Jelaskan bagaimana seharusnya seorang dinas jaga melakukan hal tersebut.

Jawab :

2. Bagaimana seorang dinas jaga menjalankan perlindungan lingkungan laut (perotektion of merine environment).

Jawab :

Cara menjalankan pencegahan pencemaran lingkungan adalah :

a. Mencegah terjadinya tum-pahan minyak

b. Mencegah kebocoran-kebocoran pada pipa

c. Mencegah penumpukan alat-alat yg tidak diperlukan

d.Mencegah pembuangan sampah plastik kelaut

3. Bagaimana melakukan serah terima tugas jaga yang benar sesuai STCW, 78 Amandemen 95.

Jawab:

Cara melakukan serah terima tugas jaga sesuai dengan SCTW,78 adalah melaporkan hal-hal sbb :

a. permesinan yg telah beroperasi

b. permesinan/peralatan yg sedang diperbaiki atau tidak berfungsi.

c. Perubahan jenis pengoperasian (otomatis menjadi manual atau sebaliknya)

d. Kelainan yg teramati.

e. Jumlah bahan bakar dan minyak lumas yg terpakai dan sisanya.

f. Kondisi buangan air got, limbah lain yg perlu ditangani.

g. Dll.

4. Jelaskan tugas dan tanggung jawab perwira jaga saat kapal berlabuh.

Jawab :

- Tugas perwira jaga pada saat kapal berlabuh adalah :

a. Suatu tugas jaga mesin yg efesien selalu dilaksanakan

b. Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin penggerak dan mesin cadangan.

c. Mesin induk dan motor Bantu dijaga tetap siap siaga sesuai dgn perintah dari anjungan.

d. Langkah-langkah untuk mencegah pencemaran laut terus dilakukan, dan bahwa peraturan pencegahan pencemaran selalu dipatuhi.

e. Semua system pengendalian kebakaran dan pemadaman selalu siap.

- Tanggung jawab perwira jaga pada saat kapal berlabu adalah untuk keselamatan secara efesien pengoperasian dan pemeliharaan mesin yang mempengaruhi keselamatan kapal, dan dan juga bertanggung jawab dalam pemeriksaan, pengoperasian dan pengujian seluruh peralatan serta permesinan.

DPKP 2002-130502-95
DINES JAGA

1. Uraikan persiapan yang dilakukan pada One Hour Notice (OHN), baik pada kapal mau berangkat maupun kapal tiba !

Jawab :

Persiapan yg harus dilakukan setelah ONH adalah :

a. Menyiapkan electric power untuk manouver yaitu menjalankan generator untuk menambah power jika diperlukan.

b. Menjalankan pompa oil standby (saat manouver)

c. Mengisi botol angin sampai pada tekanan masimum.

d. Persiapkan buku manouver.

e. Membuka kran udara kemesin induk.

f. Mengadakan test telegraph dengan anjungan.

g. Mengsingkronkan jam kamar mesin dan anjungan

h. Membuka angin suling ke anjungan.

i. Memberi power pada panel winch mooring dan wind last

2. Sebutkan 3 sistem penjagaan didalam kondisi dan daerah-daerah yg berbeda. Jelaskan ketiga kondisi tersebut !

Jawab :

3 sistem penjagaan didalam kondisi dan daerah yg berbeda adalah :

- Jarak tampak terbatas :

Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa tekanan udara permanen atau tekanan uap selalu tersedia untuk keperluan semboyan bunyi, dan bahwa perinta-perintah yang dating dari anjungan yang berkaitan dengan perubahan kecepatan mesin selalu dilaksanakan secepatnya. Selain itu juga, motor Bantu yang digunakan untuk olah gerak selalu siap.

- Perairan dekat pantai / perairan yang padat lalu lintas :

Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa seluruh permesinan yang terlibat dalam pelaksanaan olah gerak dapat secepatnya dipindahkan kepengoperasian manual jika diberi tahu bahwa kapal berada dipelabuhan padat lalu lintas. Dan harus menjamin bahwa cadangan tenga yang cukup telah siap untuk keperluan olah gerak atau keperluan kemudi. Kemudi darurat dan peralatan Bantu lain harus siap untuk pegoperasian mendadak.

- Kapal berlabu jangkar :

Jika kapal berlabuh jangkar diperairan terbuka, perwira jaga mesin harus menjamin bahwa :

a. Suatu tugas jaga mesin yang efesien selalu dilaksanakan.

b. Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin penggerak dan mesin cadangan.

c. Mesin induk dan motor Bantu dijaga tetapi siap siaga sesuai dengan perintah dari anjungan.

d. Langkah-langkah untuk mencegah pencemaran laut oleh kapal terus dilakukan, dan bahwa peraturan pencegahan pencemaran selalu di -patuhi.

e. Semua sistem pengen-dalian kebakaran dan pemadaman selalu siap

3. Sebutkan peraturan jam jaga laut maupun jaga pelabuhan !

Jawab :

Peraturan jam jag laut maupun jaga pelabuhan adalah :

Pagi hari 08.00 – 12.00 Regu A

Malam hari 20.00 – 24.00

Siang hari 12.00 – 16.00 Regu B

Laru malam 00.00 – 04.00

MalamHari 16.00 – 20.00 Regu C

Dini hari 04.00 – 08.00

4.a. Sebutkan persyaratan umum SCTW-95 untuk sertifikasi yg bertugas jaga dilaut !

b. Sebutkan frinsip-frinsip yg harus diperhatikan dalam pengaturan tugas jaga sesuai persyaratan VIII/2 SCTW – 95 !

Jawab :

a.

5. a. Jelaskan langkah-langkah yg dilakukan seorang masinis jaga pada saat serah terimah tugas jaga !

b. Jelaskan tugas-tugas yg harus dilakukan selama melaksanakan tugas jaga !

Jawab :

a. Langkah-langkah yg dilakukan seorang masinis jaga pada saat serah terimah tugas jaga adalah

- permesinan yg telah beroperasi

- permesinan/peralatan yg sedang diperbaiki atau tidak berfungsi.

- Perubahan jenis pengoperasian (otomatis menjadi manual atau sebaliknya)

- Kelainan yg teramati.

- Jumlah bahan bakar dan minyak lumas yg terpakai dan sisanya.

- Kondisi buangan air got, limbah lain yg perlu ditangani.

- Dll.

b. Tugas-tugas yg harus dilakukan selama melaksanakan tugas jaga adalah

- Melakukn pengawasan terhadap jalannya permesinan.

- Melakukan suatu tindakan bila dalam pengawasan tersebut ditemukan suatu harga/nilai kondisi yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Beberapa prosedur dan aturan pada saat melakukan dines jaga :

- Peraturan dines jaga

- Pembagian tugas jaga

- Prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan tugas jaga mesin.

- Syarat-syarat penggantian tugas jaga

- Melaksanakan tugas jaga mesin.

DTPK 2001 – 080801-95
DINES JAGA

1. Jelaskan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan jaga mesin dan prosedur pelaksanaannya ?

Jawab :

prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan jaga mesin dan prosedur pelaksanaannya adalah istilah tugas jaga mesin berarti seseorang atau sekolompok personil tugas jaga, atau perwira yg bertanggung jawab berarti mewakili KKM, juga bertanggung jawab untuk keselamatan secara efesien pengoperasian dan pemeliharaan mesin iniyg mempengaruhi keselamatan kapal dan juga bertanggung jawab dalam pemeriksaan, pegoperasian dan pengujian seluruh peralatan serta permesinan yg ada dibawah tanggung jawab tugas jaga mesin.

2. Jelaskn Persyaratan minimal sertifikat jaga mesin dan tanggung jawab perwira mesin sebagai wakil KKM.

Jawab :

Persyaratan minimal sertifikat jaga mesin dan tanggung jawab perwira mesin sebagai wakil KKM adalah ;

a. Untuk memper oleh sertifikat masinis II harus memiliki pengalaman berlayar tidak kurang dari 12 bulan sebagai perwira mesin.

b. Telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan yang telah disetujui, dan memenuhi standar kompetesi yang ditetapkan dalam section A-III/2 kode STCW.

3. Terangkan dengan singkat pengertian tugas jaga, prosedur serah terima jaga dan pengenalan masing-masing tugas jaga.

Jawab :

Tugas jaga ialah ; melihat dengan cermat atau waspada ;

- Cermat, menyatakan memberi perhatian penuh dan mengawasi dengan waspada atau menjaga kpal dengan skema.

- Awas, berarti penjagaan dengan terus-menerus dan sangat hati-hati karena suatu alas an atau tujuan yang pasti terutama untuk melihat dan menghindari bahaya tubrukan.

- Waspada, menekankan pada suatu keadaan sangat siaga dan siap untuk bertindak mengatasi apapun yg akan terjadi.

Presodur serah terima jaga adalah;

- permesinan yg telah beroperasi

- permesinan/peralatan yg sedang diperbaiki atau tidak berfungsi.

- Perubahan jenis pengoperasian (otomatis menjadi manual atau sebaliknya)

- Kelainan yg teramati.

- Jumlah bahan bakar dan minyak lumas yg terpakai dan sisanya.

- Kondisi buangan air got, limbah lain yg perlu ditangani.

- Dll.

Pengenalan masing-masing tugas jaga adalah ;

4. Jelaskan persiapan mesin utama untuk gerak dan tindakan setelah olah gerak.

Jawab :

Persiapan yg harus dilakukan setelah ONH adalah :

a. Menyiapkan electric power untuk manouver yaitu menjalankan generator untuk menambah power jika diperlukan.

b. Menjalankan pompa oil standby (saat manouver)

c. Mengisi botol angin sampai pada tekanan masimum.

d. Persiapkan buku manouver.

e. Membuka kran udara kemesin induk.

f. Mengadakan test telegraph dengan anjungan.

g. Mengsingkronkan jam kamar mesin dan anjungan

h. Membuka angin suling ke anjungan.

i. Memberi power pada panel winch mooring dan wind last

5. Sebutkan salah satu contoh tindakan menghadapi keadaan darurat dan jelaskan tugas jaga mesin selama kapal berlayar dan kapal labuh jangkar.

Jawab :

Salah satu contoh tindakan menghadapi keadaan darurat adalah : awak kapal yg wajib betindak mengupayakan kapal secara umum tanpa mengabaikan keselamatan jiwa sendiri.

Tugas-tugas perwira jaga mesin sewaktu kapal sedang berlayar adalah :

a. Perwira tugas jaga mesin harus harus menjamin bahwa pengaturan tugas jaga yg telah ditetapkan diper-tahankan.

b. Bertanggung jawab atas pengoperasian kamar mesin meskipun ada KKM.

c. Setiap mesin yg tidak berfungsi dgn baik, yg diperkirakan akan tidak berfungsi atau memerlukan service khusus.

d. Harus selalu siap untuk mengoperasikan peralatan dikamar mesin untuk dapat segerah melakukan peru-bahan haluan dan kecepatan.

e. Setiap perintah dari anjungan harus segerah dilaksanakan.

f. Dll.

Tugas perwira jaga pada saat kapal berlabuh adalah :

c. Suatu tugas jaga mesin yg efesien selalu dilaksanakan

b. Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin penggerak dan mesin cadangan.

c. Mesin induk dan motor Bantu dijaga tetap siap siaga sesuai dgn perintah dari anjungan.

d. Langkah-langkah untuk mencegah pencemaran laut terus dilakukan, dan bahwa peraturan pencegahan pencemaran selalu dipatuhi.

e. Semua system pengendalian kebakaran dan pemadaman selalu siap.


1 komentar: